Selasa, 25 November 2008

PSIKOLOGI WARNA


Di sekeliling kita penuh dengan warna. Oleh karena itu warna sangat mempengaruhi psikologi manusia. Setiap negara dan budaya mempunyai arti tersendiri dalam mengertikan warna, meski begitu arti warna di sini mengembil lingkup yang universal.

1. Merah
Melambangkan perjuangan, nafsu, aktif, agressif, dominan, kemauan keras, persaingan, keberanian, energy, kehangatan, cinta, bahaya.
TIPS :
Merah denga hijau, akan menjadi simbol natal
Merah dengan putih, akan mempunyai arti bahagia di budaya oriemtal
Merah terang melambangkan kemauan atau cits2
Merah jambu melambangkan romantime, feminim, pasrah, menggemaskan dan jenaka.
2. Biru
Melambangkan ketenangan, kepercayaan, keamanan, teknologi, kebersihan, keteraturan.
TIPS :
Logo bank-bank di Amerika berwarna biru memberi kesan kepercayaan
Biru tua melambangkan perasaan yang mendalam, konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif, tenang, bijaksana, tidak mudah tersinggung, banyak teman.
Biru muda melambangkan bertahan, keras kepala, bangga diri, berpendirian tetap.
3. Hijau
Melambangkan alami, sehat, keinginan, keberuntungan, kebanggaan, kekerasan hatri dan berkuasa.
TIPS :
 Di Timur Tengah, warna hijau sangat disukai. Oleh karena itu di Indonesia, Islam sering dsimbolkan warna hijau
 Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasehati orang lain

4. Kuning
Melambangkan optimisme, harapan, tidak jujur, berubah-ubah, gembira, santai.
TIPS :
 Di barat, kuning diartikan pengecut
 Kuning terang melambangkan sifat spontan yang ekssentrik, toleran, investigatif, menonjol, berubah, ubah sikap, tidak percaya
 Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu
5. Ungu
Melambangkan spiritual, misteri, kebangsawanan, sombong, kasar, keangkuhan.
TIPS :
 Warna ungu sangat jarang ditemui di alam
 Warna ini adalah campuran warna merah (intim) dan biru (keras)
 Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan
6. Oranye
Melambangkan energy, semangat, segar, keseimbangan, ceria, hangat.
TIPS :
Menekankan sebuha produk yang tidak mahal
Biasa dipakai pada produk minuman rasa jeruk
7. Coklat
Melambangkan tanah/bumi, kenyamanan, daya tahan, suka merebut, tidak suka memberi hhati, kurang toleran, pesimis, terhadap kesejehteraan dan kebahagiaan masa depan.
8. Abu-abu
Melambangkan intelek, futuristik, milenium, sederhana, sedih.
TIPS :
 Abu-abu paling gampang/mudah dilihat mata
 Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas
 Netral dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi
9. Putih
Melambangkan suci, bersih, tepat, tidak bersalah.
TIPS :
 Putih melambangkan perkawinan (gaun pengantin berwarna putih)
 Di India dan Cina, warna Putih melambangkan kematian
10. Hitam
Melambangkan : power, jahat, canggih, kematian, misteri, ketakutan, sedih, anggun.
TIPS :
 Melambangkan kemtian dan kesedihan di budaya barat
 Sebagai warna kemasan, hitam melambangkan keanggunan (elegance), kemakmuran (wealth) dan kecanggihan(sophiscated)


Sumber :
Buku Tips & Trik Desain Grafis, Hendi Hendratman, ST

Tidak ada komentar: