Selasa, 25 November 2008

KOMBINASI WARNA


Sebelum memilih warna yang cocok/harmonis, lebih baik kita mengenal dahulu jenis-jenis kombinasi warna berdasar color wheel yang telah kita buat

a. Warna Akromatik
Adalah warna kombinasi gelap dan terang saja. Asal katanya adalah A=tidak, Chromatic=warna. Biasa kita sebut sebagai GRAYSCALE. Jika di Adobe Photoshop dengan menggunakan printah Desaturate. Kombinasi warna tersebut berkesan klasik dan artistik, yang banyak dipakai untuk fotografi/surat kabar.

b. Warna Monokrom/Netral
Adalah satu warna hue yang dikombinasikan dengan gelap terang. Disebut juga monokrom. Kombinasi warna ini sangat sederhana, tidak banyak resiko dan mudah diterima mata. Kelemahan kombinasi ini akan membosankan dan mudah ditinggalkan.

c. Warna Komplementer
Adalah 2 warna hue yang berlawanan, dikombinasikan dengan gelap terang. Disebut juga warna komplementer. Kombinasi tersebut akan menarik mata (eye catching), tapi jika anda tidak berhasil menggabungkan 2 warna tersebut, akan terlihat lepas/tidak matching.

d. Warna Pastel & Dark Colors
Adalah warna-warna yang mendekati warna terang/putih. Biasanya disebut juga warna sepia. Kebalikan dari pastel adalah warna-warna gelap yang disebut juga dark colors.

e. Warna Analog
Adalah warna-warna beda hue yang bersebelahan, sehingga kombinasinya akan lebih mudah diterima mata dan lebih berani dibanding warna monokrom.

f. Warna Clash
Adalah 2 warna yang berlawanan (komplementer), tetapi menyimpang/bergeser 1 hue.sesuai namanya ‘clash’ adalah warna yang tidak harmonis/bertentangan/tabrakan sehingga kombinasi warna tersebut tidak enak dipandang. Tetapi dengan teknik tertentu, akan didapat paduan warna yang inovatif dan khas.

g. Warna Split Komplementer
Lebih rumit dari warna clash karena terdiri dari 3 warna yang tidak harmonis/clash. Bila kita dapat menyatukan 3 warna tersebut dalam sebuh desain, akan dihasilkan karya inovatif dan spektakuler. Jika gagal menyatukannya maka akan menyekitkan mata dan memusingkan kepala.

h. Warna Trangle Primer, Sekunder dan Tersier
Merupakan perpaduan dari 3 warna yang senasib (primer, sekunder, tersier). Meskipun 3 warna, kombinasi tersebut cenderung tidak clash.

Sumber :
Buku Tips & Trik Desain Grafis, Hendi Hendratman, ST

Tidak ada komentar: